June 18, 2024

Jelang Pilpres, Presiden Jokowi Rutin Lakukan Kunjungan Kerja!

0
Jelang Pilpres, Presiden Jokowi Rutin Lakukan Kunjungan Kerja

Moeldoko selaku Kepala Staff Kepresidenan mengungkapkan beberapa alasan atas rajinnya seorang Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam melakukan kegiatan di luar Istana Kepresidenan, Jakarta, Jelang Pilpres Presiden Jokowi selama satu bulan terakhir ini. 

Jelang Pilpres, Presiden Jokowi Rutin Lakukan Kunjungan Kerja

Diketahui, Presiden Jokowi belakangan ini kerap melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah bahkan sampai dengan luar negeri. Moeldoko sendiri memberikan bantahan atas tindakan yang telah dilakukan Presiden Jokowi ke luar Daerah tersebut sebagai bentuk kampanye jelang Pemilihan Presiden 2024.

Mengingat, sosok putra pertama Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka merupakan sosok calon wakil presiden menjadi pendamping dari Prabowo Subianto di nomor urut dua. Moeldoko membantah adanya dugaan tersebut usai mendapatkan pertanyaan dari sejumlah media yang melakukan wawancara dengannya.

“ora (tidak). Turun gunung opo (turun gunung apa),” ujar Moeldoko kepada awak media ketika ditemui di kantor Staff Kepresidenan yang berlokasi di Jakarta Pusat pada hari Senin (15/01/2024).

Baca Juga : Rаnсаngаn Jаdwаl Pіlkаdа 2024: Cоblоѕаn Dіgеlаr 27 Nоvеmbеr 2024

Pria berusia 66 tahun tersebut menjelaskan bahwa Presiden Jokowi melakukan proses pencatatan terhadap beberapa daerah mana saja yang sudah dan belum dikunjunginya selama ia menjabat sebagai seorang Presiden dua periode atau sepuluh tahun terakhir. 

Maka dari itu,, Moeldoko meminta kepada seluruh pihak untuk tidak melihat sudut lain ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah.

“Jadi begini ya, PResiden Jokowi itu sudah menghitung selama ia menjabat dua periode atau 10 tahun lamanya bahwa ia telah berkunjung kemana saja. Itu semua telah dihitung. Jadi,, itulah cara melihatnya dari sudut mana yang tepat. Jika dari sudut yang negative, maka kesimpulan yang muncul nantinya juga akan negative,” terang Moeldoko.

Setelah itu, Moeldoko menerangkan bahwa kehadiran Presiden Jokowi ke berbagai daerah itu dengan maksud untuk menjalin pertemuan dengan masyarakat secara langsung, itu jika dilihat dari sudut positifnya. Bagi Moeldoko, Masyarakat yang memberikan sambutan kepada Presiden jokowi di daerah itu lebih ramai jika dibandingkan dengan Pilpres 2019 silam.

“Saya sampai mengatakan kepada Beliau (Jokowi), ‘ini kok malah lebih ramai dari pemilu saat itu ya Pak,’. Masyarakatnya, dan kondisinya seperti itu, DUlu kan saya juga mendampingi beliau saat mengunjungi daerah Aceh dan sepi-sepi aja. Tapi, kemarin saat beliau kembali ke Aceh, sangat liuar biasa sambutan yang diberikan kepada beliau,” tambahnya kemudian.

Moeldoko juga memastikan bahwasanya setiap kali kunjungan kerja yang dilakukan oleh Presiden Jokowi ini tidak ada kaitannya dengan Pemilu atau bahkan membahas Pemilu. Moeldoko menambahkan, hal serupa juga dilakukan oleh presiden Jokowi ketika melakukan kunjungan ke luar negeri sekalipun.

“Jadi, apakah itu menganduk konteks terhadap Pemilu nanti? Tidak ada sama sekali yang membicarakan masalah itu. Sama sekali tak pernah terucap pembahasan mengenai Pemilu oleh Presiden, tidka ada,” tegas Moeldoko.

Melakukan Kunjungan Ke Luar Daerah

Jika melihat satu bulan ke belakang ini, Presiden Jokowi memang sering kali melakukan kunjungan ke beberapa daerah bahkan sampai dengan luar negeri. Agenda yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi ini lebih banyak dijalankan dibanding ketika sebelum adanya proses Pemilu 2024 ini dimulai.

Presiden Jokowi telah melakukan kerja di berbagai Negara pada awal bulan Desember kemarin, diantaranya Uni Emirat Arab (UEA), lalu berlanjut ke Jepang, dan kunjungan terakhirnya ke tiga Negara tetangga, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Sedangkan jadwal kunjungan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di beberapa daerah dalam Negeri diantaranya NTT, lalu ke Jawa Tengah, IKN, Jawa Timur, berlanjut ke Sulwesi Utara, kampung halaman Solo, Jawa Barat, dan yang terakhir adalah daerah Banten.

Untuk waktu satu pekan terakhir ini, presiden Jokowi terpantau telah melakukan satu hari kegiatan yang dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta. Tepat pada tanggal 8 Januari kemarin, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di daerah Depok, Jawa Barat, dan juga Banten.

Memasuki tanggal 9 Januari, Presiden Jokowi mengadakan sidang kabinet paripurna yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Pada sore harinya, Presiden Jokowi langsung melakukan perjalanan ke Filipina untuk menjalankan lawatan ke Luar Negeri.

Memakan waktu kurang lebih sekitar lima hari mulai dari tanggal 9 sampai 14 Januari 2024, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke tiga Negara seperti yang sudah disebutkan tadi, yaitu Filipina, Vietnam, dan terakhir adalah Brunei Darussalam. 

Pada tanggal 15 Januari 2024 ini, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke daerah Ibukota Jawa Timur, yakni Surabaya.

Disisi lain, terdapat sosok calon wakil presiden (cawapres) dari nomor urut satu, yakni Muhaimin Iskandar atau yang lebih disapa dengan panggilan Cak imin menyampaikan harapannya untuk lahirnya netralitas dalam proses Pemilihan Umum 2024 ini dan dapat berjalan dengan baik.

Baginya, jika sosok Presiden tidak mampu bertindak adil atau netral, maka anggaran yang telah dikeluarkan oleh Negara akan percuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *