Jokowi ajak Para Pemimpin Peduli Bumi di KTT G20 India

0

Presiden Jokowi ajak Para Pemimpin Peduli Bumi di KTT G20 India  Sebagai Bentuk Aksi Nyata Indonesia!

Presiden Jokowi ajak Para Pemimpin Peduli Bumi di KTT G20 India  Sebagai Bentuk Aksi Nyata Indonesia!

Jokowi ajak Para Pemimpin Peduli Bumi di KTT G20 India –  Diketahui, belum lama ini terlihat Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Presiden Jokowi menghadiri sebuah acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang berlangsung di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India.

Jokowi ajak Para Pemimpin Peduli Bumi di KTT G20 India

Acara KTT G20 India yang dihadiri oleh para pemimpin Negara tersebut digelar pada hari Sabtu 9 September 2023. Ketika mendapatkan kesempatan sesi pertama dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi langsung mengajak kepada seluruh tamu undangan G20 untuk melakukan aksi nyata guna menjaga, melindungi, dan melestarikan Bumi.

“Kita semua harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan, karena kita hanya memiliki satu bumi,” ucap Presiden Jokowi kepada seluruh para pemimpin Negara yang menghadiri agenda tersebut.  Acara KTT G20 India itu sendiri telah menggunakan tema ‘One Earth’ sesuai dengan apa yang disampaikan saat pers Sekretariat Presiden RI pada hari Sabtu (09/09/2023).

Setelah itu, Presiden Jokowi menyebut bahwa bekerja sama untuk menjaga bumi itu berdasarkan keberadaan bumi ini yang merupakan milik semua pihak dan pastinya juga milik para generasi penerus.

Kemudian, Jokowi menyampaikan bahwa untuk saat ini Indonesia telah mengambil langkah untuk menunjukkan aksi nyata sebagai bentuk peduli Bumi, diantaranya seperti menekan deforestasi sampai dengan tahap proses restorasi mangrove.

Melihat dari data yang didapatkan, pada tahun 2020 yang lalu Indonesia telah menurunkan emisi sebesar 91,5 juta ton. Selain itu, Pergerakan Deforestasi terus mendapat tekanan mencapai 104 ribu hektar. Sedangkan dari sisi hutan dan lahan telah mendapatkan    rehabilitasi sebesar 77 ribu hektar hingga mangrove sudah mendapatkan restorasi seluas 344 ribu hektar.

Baca Juga :  Sosok Oppa Korea Pаrk Sаng Hуеоk уаng Nіkаhі Gаdіѕ Indоnеѕіа, Begini Kіѕаhnуа

Mewakili Indonesia dalam acara KTT G20 India, Presiden Jokowi terlihat memberikan ajakan kepada seluruh pihak agar lebih bertanggung jawab dan membuat sebuah komitmen untuk terus melestarikan Bumi tercinta.

Baca Juga : Tangerang Ikut Gаnjіl Gеnар, tetapi Tak Kebagian LRT

Gerak Cepat Penurunan Emisi 

Saat pertemuan sesi pertama, Presiden Jokowi juga terlihat memberikan penjelasan berbagai upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi peningkatan suhu Bumi yang diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dalam jangka lima tahun ke depan.

Melihat dari keadaan tersebut, di hadapan para pemimpin Negara yang hadir di acara KTT G20 India ini Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa gerak cepat transisi ekonomi rendah karbon merupakan sebuah upaya tepat yang bisa dilakukan. Menurut Mantan Walikota Solo itu pelaksanaan penurunan emisi ini masih cukup terbatas.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyebut bahwa sejumlah Negara berkembang butuh bantuan dalam beberapa bidang, seperti investasi hijau serta teknologi guna mendapatkan percepatan untuk menurunkan emisi di Bumi.

Bahkan, Presiden ketujuh Republik Indonesia ini menjelaskan bahwa terkait pendanaan untuk mengambil gerak cepat penurunan emisi dinilai sangat penting. Baginya, menjalin kerja sama antara sektor swasta dengan pemerintah menjadi langkah yang bisa digunakan karena dianggap menjadi pembawa perubahan besar untuk menurunkan emisi.

Maka dari itu, Presiden Jokowi mengungkapkan adanya beberapa hal yang dibutuhkan saat ini, salah satunya standar global layaknya hal pengelompokan kegiatan ekonomi maupun bisnis yang memiliki tujuan untuk mencegah adanya tindakan praktik greenwashing.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyebutkan guna menurunkan Emisi Bumi ini membutuhkan reformasi Bank Pembangunan Multilateral alias MDB sebagai badan merefleksikan representasi beberapa Negara anggotanya.

Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan selaku menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri, serta Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan terlihat juga menghadiri acara KTT G20 India sekaligus mendampingi Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :  Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp6.000, Sampai Termahal Rp1,2 Miliar

Mendapat Sambutan Hangat Perdana Menteri India

Setibanya Presiden Jokowi yang hadir sebagai salah satu peserta KTT G20 India ini langsung mendapatkan sambutan hangat oleh Narendra Modi selaku Perdana Menteri India. Melihat dari siaran pers Sekretariat Presiden, Pemimpin NKRI tersebut sampai di lokasi pada pukul 10.10 waktu setempat atau tepat pada pukul 11.40 WIB. 

Presiden Jokowi terlihat hadir dengan mengenakan jas berwarna biru tua, lalu menyempatkan waktu sejenak untuk mengabadikan momen tersebut dengan berjabat tangan bersama Perdana Menteri india. 

Pertemuan kedua tokoh Negara ini dilakukan di Konark Sun Temple yang terlihat dari latar belakang foto serta sebagai ikon penting Negara India yang sudah termasuk dalam situs warisan dunia, UNESCO.

Setelah menemui Perdana Menteri India, Presiden Jokowi bergegas menuju ke Leaders Lounge. Di tempat tersebut, para pemimpin Negara G20 dan beberapa ketua organisasi internasional terlihat sudah hadir lebih dulu.

Presiden Jokowi terlihat berkumpul dengan para pemimpin G20 untuk melanjutkan kegiatan dengan berkumpul di ruang rapat pertemuan untuk segera melangsungkan pertemuan sesi pertama KTT G20 India yang bertajuk ‘One Earth’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *